Wednesday, October 15, 2008

Sate Domrut di Terate 5

Buka puasa, tepatnya makan malam sih, di wiken ketiga ramadhan kembali diperuntukkan bagi cewek. Cowok dilarang ikutan. Cewek-cewek lantai 3 bisa juga ngumpul dalam formasi lengkap. Abis solat maghrib, kami berlima jalan kaki dari kantor ke Jalan Ternate. Target operasinya: sate domba garut alias sate domrut rekomendasi Arum.

Ternyata di sana gak cuma ada sate domrut. Nama resmi tempat makannya Ternate 5, yang punya slogan ”Good Place Meet Good Food”. Ini semacam kafe pujasera gitu, jadi ada beberapa gerai di sana. Ada Re Hot Burger, Soto Ambengan Surabaya dengan menu khas Surabaya, Sate Domrut dengan aneka olahan berbahan dasar domba garut, dan steak. Ada juga makanan yang enggak berat, kayak omelet dan spageti. Minumannya juga cukup lengkap. Ada coklat-coklatan, kopi-kopian, jus, dll. Es krim juga ada. Lengkap lah.

Paling enak duduk di sofa. Dengan lampu gak begitu terang, untuk tidak mengatakan remang-remang, tempat ini lumayan asik untuk berlama-lama nongkrong. Pas kami makan, tempat ini rame ama anak-anak muda yang datang berkoloni :D
Oke, langsung aja kita nikmati satenya. Sepuluh tusuk sate domrut spesial (bukan pake telur loh, melainkan minus lemak) pesenanku datang lengkap dengan sambel kacang dan sambel kecap. Satenya empuk, enggak prengus, bumbu minimalis. Pas ama sambel kecap dengan irisan cabe rawitnya, tapi bagiku gak cocok dimakan ama sambel kacang. Mayan enaklah menurutku. Kalo enurut Indah biasa aja, secara bagi dia sate lebih nikmat dimakan di warung, bukan di tempat bernuansa kafe. Hehehe.

Omelet daging asap yang dipesen Indah dinilai kurang memuaskan. Soalnya polosan gitu, gak ada lelehan keju di tengahnya. Daging asapnya juga gak serius, kecil-kecil dan dikit banget. Selanjutnya, gule sumsum domrut yang dipilih Arum tak luput juga dari cela Sumsumnya dikit. Terakhir, soto ayam dari gerai Soto Ambengan Surabaya pesenan Rini sepi komentar. Mungkin karena laper campur ngantuk, dia gak bilang apa-apa tentang makanannya. Aku juga sedang gak tertarik nyobain.

Melihat tempat dan variasi menunya, Terate 5 yang buka dari jam 11.00 sampe jam 24.00 ini cocok buat nongkrong dan ngerumpi. Lumayan, bisa jadi alternatif laen nih kalo mau nongkrong (padahal, sekarang juga dah jarang banget nongkrong malem-malem).

Stttt…, tapi ada yang nyebelin nih. Masa di deket pintu masuk ada banner iklan—maaf—pembalut wanita yang konon berteknologi bio. Parahnya lagi, di tiap meja ada leaflet iklan yang sama. Jadi, kalo boleh saranin nih, jangan buka-buka leaflet di meja sebelum makan kalo gak pengen kehilangan selera makan…Sumpe deeeh…

Ternate 5
Jalan Ternate No 5 Bandung
Sate domrut spesial (tanpa lemak) Rp 24.500
Gule domrut Rp 18.000
Omelet Rp 10.500
Soto ayam Rp 10.000
Jus melon dan stroberi @ Rp 7.500

No comments: