Thursday, October 16, 2008

Parade Oleh-oleh Lebaran

Kembali ke kantor sepulang dari mudik, dalam rangka apa pun, hampir wajib hukumnya bawa oleh-oleh. Gak ada yang mengharuskan sih, tapi itu dah jadi kebiasaan turun-temurun kayaknya. Jangankan mudik, pulang dari dinas luar kota aja pada bawa oleh-oleh. Gak mengherankan, banyak dari kami, termasuk aku tentunya :p, yang jadi gembul gara-gara ngemil mulu.

Nah, berikut ini oleh-oleh Lebaran 2008 yang berhasil aku abadikan dari ”meja persembahan” di kantor. Sebagian gak sempet aku dokumentasikan karena aku belum balik dari mudik, atau pas gak bawa kamera.

Bukan Khas Jogja

Pulang mudik, aku bawa oleh-oleh emping melinjo, kacang polong tepung, kacang bawang, jenang krasikan, dan madu mongso. Bukan khas Jogja, bukan pula khas Gunungkidul, tapi asli dibawa dari sana :D. Aku sengaja bawa makanan yang gak makan tempat dan bisa dicemal-cemil. Emping melinjonya hasil panen dari kebon sendiri lhooo, tapi bikinnya memanfaatkan jasa pembuat emping. Tinggal terima jadi gitu. Kacang bawangnya homemade, tapi beli di tempat sodara. Kacang polong tepung juga beli. Madu mongso dan krasikan? Beli juga, di supermarket. Makanan yang konon khas Muntilan ini jadi pilihan terakhir karena pilihan utamanya abis. Apa itu? Rahasia…. Yang jelas gak khas Jogja juga. Klethikan dariku ini ternyata dapet sambutan lumayan meriah, cepet habis maksudnya. Mungkin karena temen-temen dah bosen ma timpukan kue-kue kering selama ini. Cuma madu mongsonya aja yang bertahan sampe hari berikutnya, walopun habis juga akhirnya.

Permen Asem
Seplastik besar permen asem, ada kali sekilo, yang dibawa Faiq dari Lamongan, ikut menyemarakkan sesaji Lebaran. Rasanya asem bener. Ya iya lah, asem gitu loh. Sekilo permen itu banyak kaaaan? Tapi abis juga tuh, karena ada pemangsa utamanya, siapa lagi kalo bukan Adi. Bahkan permen yang udah kusingkirkan di toples pribadiku pun diembat ma dia. Tanpa tersisa satu pun!!!

Bakpia Merlino
Sehari kemudian, meja persembahan dipenuhi oleh-oleh dari Jogja, bawaan Indah. Kue kering coklat dari rumah, Pia-Pia Molek, dan Bakpia Merlino. Tapi yang kejepret cuma Bakpia Merlino-nya. Itupun tinggal bungkusnya doang. Bakpianya dah ludes ama anak-anak. Bakpia non-Pathok ini emang cukup istimewa. Gak salah kalo masuk dalam rekomendasi Intisari seri jajanan Jogja. Rasanya laen daripada yang laen. Indah bawa rasa cappuccino dan green tea. Cappuccino-nya top banget, tapi green tea-nya gak begitu oke. Ukuran bakpia ini mut-imut. Beda ma bakpia produksi Pathok. Jadi makan satu gak bakalan kenyang deh. Karena bakpianya imut-imut, kotaknya pun imut. Kira-kira segede snack box dari toko kue (kalo kita beli kue-kue kecil satuan) ato snack box rapat. Semacam itulah.

Roti Mandarijn Orion
Oleh-oleh berikutnya datang dari Solo, bawaan Mas Dicky. Mandarin kismis. Roti Mandarijn Orion ini emang jadi salah satu ikon oleh-oleh Solo dan sudah ada sejak 1922 (sesuai yang tertulis di kotaknya). Kuenya lembut dan lebih ringan dibandingkan kue mandarin dari toko kue yang laen. Kue ini juga ludes dalam waktu singkat. Abis kurang banyak sih bawanya..Huehehehe. Ngarep.

Lepet Ketan
Lepet ketan dari Pasuruan menyusul beberapa hari kemudian. Sayang aku pas gak bawa kamera, jadi gak sempet mengabadikan penampakannya. Lepet ini dibuat dari ketan, trus dibungkus daun (kelapa apa lontar yak??? gak jelas) dan diiket-iket tali rafia. Konon, kata Faiq, kalo gak salah denger, aslinya talinya juga dari daun lontar. Tar deh ditanyain lagi. Rasanya tawar, keknya gak dikasih bumbu, ato paling-paling garem. Lepet ini padet banget lho. Makan setengah aja dah kenyang.

”Bakpia” Thailand
Rada jauhan dikit, kali ini oleh-oleh datang dari negeri seberang, Thailand. Bukaaaan, bukannya ada yang pulang kampung ke Thailand, tapi kebetulan big boss ada dinas luar negeri beberapa hari setelah Lebaran. Jadi, pulang-pulang beliau bawa oleh-oleh dari sana. Padahal, kampung halaman belio sih Tasik :p Oleh-oleh yang dibawa banyak banget. Ada semacam bakpia, dan rasanya emang mirip banget, tapi ukurannya kecil-kecil berbentukdadu.

Ada lagi yang namanya ada kata ”phia”-nya. Bentuknya bulet-bulet, ada hiasan kismis di atasnya. Isinya semacam kumbu kacang juga. Trus, ada permen sejenis permen Yupi, rasanya kenyal-kenyal juga. Ada lagi sejenis ager-ager kering yang warna dan bentuknya kayak irisan tomat. Abis itu, sejenis nastar berbentuk hati, yang dalemnya ada selainya juga. Terakhir, lempok durian, yang di sana disebut ”monthong paste”. Dari sekian banyak makanan ini, yang ada label halal-nya cuma lempok durian ini. Yang laen gak ada. Berhubung tulisannya pake bahasa Thailand semua, ya anggep aja aman :p

Kemplang
Kemplang ini dibawa ama Mas Toto yang abis mudik dari Lampung. Rasanya mengingatkan aku ama kemplang yang biasa dibawa temen kuliahku dulu. Ikannya berasa dan sambelnya pedes banget. Makan kerupuk kek gini bikin gak berenti-berenti ngunyah.

Balik Lagi ke Jogja-Solo
Sepertinya ini jadi penutup dari parade oleh-oleh Lebaran tahun ini. Soalnya dah gak ada lagi yang pulang dari mudik. Arum yang mudik ke Solo, bawaannya justru geplak yang khas Bantul (Jogja). Seperti halnya aku, dia juga gak mau bawa yang ribet-ribet dan makan tempat. Selain geplak, dia juga bawa makanan khas Solo, kripik (krupuk?) ceker, sama sumpia yang entah sebenernya khas mana. Meski gak khas, yang namanya oleh-oleh, tinggal makan dan gratis, teteup aja enakkkk :p Aku tu sebenernya jijay ma ceker yang ditaroh di sop ato bakso ato yamin itu jijay, apalagi yang masih di ayam hidup. Tapi setelah dibikin kripik, kok doyan juga ya.
Gak cuma itu, ada lagi oleh-oleh Lebaran dari Semarang, kalo gak salah roti ganjel rel dari Mas Eri dan wingko babat dari Luhur. Karena mereka datengnya awal, aku gak sempet nyicipin. Tapi aku masih punya stok foto roti ganjel rel nih, oleh-oleh dari Mas Eri beberapa waktu lalu. Roti ganjel rel ini sama aja kayak roti gambang. Ada taburan wijen di atasnya. Ada rasa-rasa kayu manisnya gitu. Cocok buat temen minum teh. Oya, aku juga dapet oleh-oleh yang khusus lho. Dari Indah aku dapet hopjes kopi dan permen sarsaparilla. Kedua permen ini buatan PT Sindu Amritha, Pasuruan, yang juga bikin ting-ting jahe yang bungkusnya putih biru dan masih beredar di supermarket itu. Permen kopinya isi 9, sarsaparilla isi 11. Anaeh gak sih? Permen kok isinya ganjil. Permen kopinya enak, rasanya jadul banget. Meski termasuk kategori permen keras, pas diklethak (apa coba bahasa Indonesia-nya?) gak keras-keras a mat kok, bisa dibilang crunchy malah (emang keripik???). Rasa permen sarsaparillanya juga gak kalah jadul. Semriwing-semriwing kecut gitu deh. Trus, ada juga oleh-oleh petis rajungan dari Faiq buat aku dan Indah. Oleh-oleh yang pake mikir nih. Dipake buat masak apa ya? Rujak? Ada yang bisa kasih ide?

Wah, ternyata banyak juga oleh-oleh yang bisa kucicipin. Lebaran, mudik, bawa dan dibawain oleh-oleh emang nyenengin. Lebaran tahun depan masih ada lagi gak ya parade oleh-oleh kayak gini?

1 comment:

Anonymous said...

ayooo bikin tahu petis..