Friday, February 5, 2010

Strudel yang Menawan Hati

Kalo ada makanan baru yang sempet aku idam-idamkan banget, itu adalah strudel, pastry berlapis-lapis yang menurut berbagai sumber khas Austria dan negara-negara di sekitarnya. Tahu tentang kue ini udah lama, tahun 2007, dari tulisan di koran bahasa Indonesia beroplah terbesar di dunia (versi cetak). Berdasarkan info di tulisan tersebut, strudel termasuk kue yang repot. Mulai dari pembuatan adonannya yang perlu perlakuan khusus, harus di ruangan bersuhu -5 derajat celsius, sampe cara makannya yang mesti hati-hati mengingat kue itu ringan dan berlapis-lapis, potensial remuk dan berantakan.

Disebut pula, meskipun lagi diet, kita gak bakal merasa bersalah karena strudel gak ngenyangin. Gak ngenyangin sih mungkin ya, tapi gimana dengan kandungan lemaknya? :D

Lalu, baca di sini, ternyata ada kafe strudel di Bandung. Wah, harus coba nih. Setelah lama tertunda akibat cuti dan beberapa agenda lain, akhirnya kesampaian juga nyambangin kafe yang jaraknya cuma sepelemparan batu dari kantor.
Kafenya dari luar tampak kecil. Tapi ternyata memanjang dan melebar di belakang. Di bagian depan (indoor) ada beberapa set sofa dan meja, rata-rata berkapasitas empat orang. Sementara di bagian belakang (outdoor) ada set meja dan kursi kayu.
Gak pake lama, aku udah tau apa yang mau dipesen, berkat googling dan Fb-an ma temen milis makan-makan. Aku pesen apple strudel sama iced lemon tea unggulan kafe ini. Temenku pesen rhum raisin studel dan iced coffee. Iced lemon tea-nya istimewa dengan campuran daun mint dan topping lemon sorbet. Seger banget. Iced coffee-nya kata temenku terasa instan. Biasa aja.

Gimana dengan strudel-nya? Dari tampilannya aja udah menawan hati. Terdiri dari tiga potong pastry berlapis-lapis yang masing-masing disatukan dengan semacam lapisan vla dan potongan apel untuk apple strudel. Urutannya kek sandwich gitu lah. Untuk yang rhum raisin strudel, apelnya diganti rhum raisin.Pastry-nya emang bertekstur sangat ringan, renyah, dan cenderung rapuh, rawan berantakan kalo kita makannya enggak hati-hati. Meski disajikan lengkap dengan pisau dan garpu, peralatan itu akhirnya enggak terlalu kepake karena kita lebih merasa aman makan secara manual... hahaha. Manis vla-nya juga pas dengan potongan apel yang masih renyah. Oke banget dehhh..

Puas rasanya kesampaian makan kue idaman. Kafe ini ga hanya menyediakan aneka strudel, tapi juga beberapa jenis kue, pasta, steak, dan nasi. Tapiii, kalo ke sini lagi aku tetep mau makan strudel sih. Karena masih banyak jenis strudel, termasuk yang asin. Trus, minumnya mo yang pake mango sorbet. Sluuurppp... :))

The Strudels
Jalan Progo No 13A, Bandung
Strudel: Rp 15.000-an
Minuman: belasan ribu juga

5 comments:

Siti Hajarroh said...

Enak2 semua nih...gambarnya bikin slruuup...hehehe....hmm...jadi punya banyak pilihan nih kalo besok kamu traktir nik....hehehe...

Nanik said...

yeee..traktirannya cuma strudel lohh...sebagai permintaan maaf ga bisa ketemuan minggu ini :(( padahal aku dah pengen banget ngubrul2 ma kamu...next time yaaa

Akira's Blog said...

Kayaknya perlu keterangan: untuk anak kecil tidak direkomendasikan. Wahahaha. :D Ntar yang ada gak jadi makan, berantakan ke mana2. :p Nikki belon bisa makan pastry-pastryan. Berantakaaaaaan. Euh, jd pengen ke Bandung.

Nanik said...

mbak retma: ayo tho, ke bandung. banyak tempat makan baru di sekitar kantor :)

ulu said...

heuh udah lama mau kesitu. heuh. liat reviewnya makin pengen. heuh...