Monday, August 2, 2010

Bola-bola Ubi Isi Angin

Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari ubi dan berbentuk bola, lebih gede dikit dari bola pingpong. Warnanya juga mirip, rada-rada orange. Embel-embel “isi angin” itu semena-mena aku tambahkan buat ngebedain ama makanan dari ubi yang juga berbentuk bola, misalnya cemplon/misro.

Sebenernya aku dah naksir dari pandangan pertama pas liat di kawasan Kings, Dalem Kaum, Bandung. Tapi, tempatnya yang crowded dengan asap kendaraan campur debu jalanan yang gila-gilaan selalu sukses bikin aku ilfil untuk beli.

Kesampaian beli tuh tahun lalu di festival makanan di IBCC. Setelah itu, gak pernah nemu lagi. Tahun pun berganti (haha, kek dongeng aja). Beberapa minggu lalu, aku kembali nemuin si bola-bola ubi isi angin ini di pasar kaget Gasibu. Seneng deeehh. Tapi, pas pengen lagi di hari kerja, selalu enggak kesampean karena ga ada yang jual. Seorang temen bilang, makanan ini lagi langka. Trus ada juga yang ngasih info, tapi tempatnya jauh-jauh, antara lain di Gardujati.

Sebenernya apa sih istimewanya bola-bola ubi ini? Hmmm, ya isi anginnya itu, hehe. Eh, rasanya juga enak kok, manis legit gimana gituh. Trus kalo digigit, dalemnya kosong. Bukan makanan yang berbobot emang, karena lapisan kulitnya tuh paling cuma setebal 1 mm. Makan 20 biji juga gak akan kenyang.

Oya proses pembuatannya juga cukup unik, lho. Adonan yang dibulet-buletin sebesar kelereng itu, pas dimasukin ke minyak panas, lalu diteken-teken pake sodet, lama-lama membesar melebihi ukuran bola pingpong. Tau deh, adonannya dikasih zat apa. Moga-moga sih bukan zat berbahaya….

Trus, ada saran penyantapannya neh (valid lho, soalnya berdasarkan pengalaman pribadi). Sebaiknya makanan ini dimakan selagi hangat. Kalo udah dingin, apa lagi dibiarin lebih dari dua jam, selain bentuknya bakalan penyok-penyok, teksturnya juga alot banget. Tapi ya monggo aja kalo niatnya mo uji gigi :)

Mo nyobain bola-bola ubi ini? Gerobaknya mangkal di pasar kaget Gasibu, seberang Gedung Sate sisi barat (yang deket Jalan Cilamaya). Harga per biji Rp 500. Kalo hari biasa, masnya mangkal di Jalan ABC. Di tempat-tempat laen juga pasti ada siy...silakan dicari di gerobak-gerobak makanan terdekat, hehe...

No comments: