Monday, January 4, 2010

Sarapan Sengsara ke Warung Lela

Rasanya udah lama enggak keliling mencari tempat makan baru a.k.a wisata kuliner. Nah, tanggal 31 Desember lalu, bertepatan dengan ulang tahun pertama si Metro (sepeda lipetku), dan otomatis juga sepeda lipet tetangga, si tetangga ngajakin gowes nyari sarapan ke Warung Lela di Rancakendal, daerah Dago atas banget sana.

Berangkat dari kos udah rada siang, jam 08.30, mengambil rute Jalan Suci-Jalaprang-Cikutra-Cigadung-Rancakendal. Kalo dikilometerin sih, paling 7 km, gak terlalu jauh. Tapi medannya menyengsarakan, terutama setelah masuk Cigadung. Mana sempet salah belok, sampe daerah perbatasan Kabupaten Bandung, kalo ga salah Kecamatan Cimenyan, yang selama ini hanya aku tau dari koran. Itu juga jalannya udah nanjak, jadi udah ngabisin energi :((

Singkat cerita, setelah jalan nanjak sambil nuntun sepeda (jelas nuntun karena medan sering ga memungkinkan buat gowes), aku berkali-kali berenti karena capek, dan ngabisin bekal air 500 ml, akhirnya sampe juga di Warung Lela. Kata Indah sih warungnya ada dua, tapi kami menuju yang paling deket ajah.

Mas-mas pramusaji dengan sigap ngangkatin sepedaku untuk diparkir di pelataran atas, deket joglo tempat makannya. Tempatnya adem, banyak pohon, dengan meja-kursi makan dari kayu. Kek di rumah nenek :p

Oya, Warung Lela itu nyediain aneka olahan mi, dari yamin, bakso, ampe mi ayam. Ada juga sih olahan bukan mi, misalnya nasi lidah (weeekk, nggak menarik).Aku pesen mi ayam jamur spesial. Mi ayam jamur ini konon yang dijagokan di sini. Indah pesen mi ayam rica-rica. Sementara untuk minumnya kami pesen es kelapa muda dan es cincau (enggak pake laura...heheh..garing).

Mi-nya tipikal mi buatan sendiri, kecil-kecil gitu. Potongan ayam n jamurnya gede-gede dalam porsi yang ga basa-basi dan bercitarasa manis. Kek dibacem. Kurang cocok sih dengan seleraku yang ga begitu doyan manis. Tapi untung masih tertolong dengan mi dan kuahnya. Kalo yang di rica-rica, potongan dagingnya terlihat terbalut bumbu merah, garang gitu, tapi menurut Indah pedesnya kurang meresap ke dalam.

Untuk minumannya, ya bener-bener jadi pelepas dahaga setelah perjuangan berat menuju tempat ini. Tapi emang enak sih, abis sepedaan trus duduk-duduk, makan n minum di joglo terbuka, yang udaranya masih bersih. Andaikan jalan menuju ke sana ga banyak tanjakan....

Warung Lela
Jalan Kupa No 6, Rancakendal, Bandung
Telp 022-2501396
Makanan: Rp 12.000-Rp 20.000-an
Minuman: mulai Rp 5.000-an
Ada juga aneka makanan kecil, permen, n cokelat imut

2 comments:

Pak Ade Family said...

Waah jadi pengen nyobain mie ayam jamur nya warung lela oi..

Eh, didepan hotel apaaa gitu (setelah sheraton pas tanjakan) ada warung nasi roda loh.. pake gerobak mangkal depan hotel. Menu nya sih sundaan gitu. Pas banget habis nanjak di dago terus sarapan pagi disituh... Cobain deh yummm..

Nanik said...

makasi kang udah mampir di blog saya... n juga atas info kulinernya. insyallah kapan-kapan dicobain deh. kebetulan lagi suka gowes ma temen-temen...abis gowes makan :)) biar seimbang.