Saturday, May 10, 2008

Kue Balok

Pagi tadi jogging di Taman Cilaki. Lari 2,5 putaran plus jalan kaki 1 putaran. Bagiku itu udah lumayan banget. Dan, bukan aku kalo ikhlas begitu aja olahraga. Biasanya pake acara tambahan segala, misalnya ngemil cakue.

Kebetulan ada gerobak makanan yang menarik perhatian. Yang ditawarkan adalah kue tempo dulu, setidaknya itu yang tertulis di gerobak. Namanya kue balok. Kue yang asing bagiku. Tapi, setelah liat penampakannya, keknya aku pernah mengenalnya di masa lalu.

Aku pesen versi original dan choco chip masing-masing dua biji, sekalian buat pasangan duet mawutku. Kue balok ini pun jadi teman sarapan kami di kosan. Rasanya mirip banget ma kue pukis ato kue pancong. Pukis ma pancong sama gak sih? Yah, pokoknya sejenis itu dehh. Kalo aku liat emang adonan dan cara masaknya sama. Kue dimasak di cetakan yang ditaruh di atas bara api.

Ibu kos yang kebetulan liat penampakan kue balok ini bilang, di Yogya ada kue serupa. Namanya kue (bolu?) kuwuk. Sampe sekarang masih bisa didapat di Pasar Beringharjo. Berarti bener, dulu aku sempet mengenalnya. Tapi, menurutku rasanya beda. Bolu kuwuk lebih deket ke kue bolu, dan keknya dimasaknya pun dalam oven. Sementara kue balok lebih cenderung ke pukis.

Rasanya sih gak terlalu istimewa. Kalo dibiarkan sampe dingin bahkan bisa jadi keras banget. Dari hasil googling-ku, disebutkan kalo kue ini berasal dari Bandung. Hmm, Bandung mang gak ada matinya deh dalam hal makanan....

Kue Balok
Mangkal pagi-pagi di Taman Cilaki (yang deket Jalan Citarum)
Original : Rp 800
Choco chip : Rp 1.000

1 comment:

tinus said...

tau resepnya ga???
jadi mau nyoba bikin