Monday, January 14, 2008

Nikmatnya Tulang Ikan

Tulang ikan jambal. Itulah menu andalannya. Sebenernya aku bukan tipe orang yang telaten menggerogoti ikan sampe ke tulang-tulangnya. Tapi karena penasaran sama liputan di salah satu TV swasta, aku nyobain juga. Pertama kali nyoba udah lama, nitip sama OB kantor. Kesan pertama begitu menggoda.

Akhir pekan lalu, karena bingung mau makan apa, akhirnya aku ke Jalan Ternate. Makan nasi tulang jambal lagi. Kali ini makan di tempat. Kedainya kecil, tapi rame banget karena kebetulan pas jam makan siang. Yang datang kebanyakan anak-anak muda.

Meski ada menu lain kayak ayam goreng dan gepuk, yang paling digemari emang si tulang jambal ini. Aku pesen paket 1 yang berisi nasi, dua potong tulang ikan jambal, tahu-tempe, plus lalapan. Tulang jambalnya entah dimasak apa, yang jelas rasanya agak-agak asem manis dan super pedes. Penampakannya didominasi serpihan-serpihan cabe merah dan taburan biji cabe yang udah berwarna item. Aku rasa mereka pake cabe kering juga deh. Pertama-tama pedesnya berasa normal, tapi lama-lama bisa bikin megap-megap bin ingus keluar (hii..jorok!).

Karena judulnya aja tulang, dagingnya emang sedikit. Butuh usaha keras untuk menggerogoti tulang demi mendapatkan seuprit daging. Tapi di situlah serunya.

Oya, ada yang sedikit unik di kedai itu, yaitu penampilan para pramusaji. Semuanya cowok (ada satu bapak juga ding) dengan penampilan agak metal. Bahkan ada beberapa yang bertatanan rambut mohawk. Tapi bukan ini kok alasan yang akan membawaku ke sini lagi :p

Tulang Jambal, Jalan Ternate Bandung (Belakang 18th Park Distro)
Paket 1 (nasi, tulang jambal, tahu-tempe) : Rp 11.500
Paket 2 (nasi, ayam goreng, tahu-tempe) : Rp 12.000
Paket 3 (nasi, gepuk, tahu-tempe) : Rp 12.500
Dikenakan tambahan biaya Rp 500 untuk box kalo makanan dibawa pulang

4 comments:

Si bulet said...

mau nyoba aah..pengen liat mas-masnya juga ;)

Nanik said...

wekekkekee...., patut dicoba kok. jangan lupa siapin tisu, bisi ingusan juga :D mas-masnya ada keren looh...

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

thisisrizka said...

wahaha, aku belum ke tempat barunya yg di jalan sumatera itu sih.. kmrn ke sana, bekas Tulang Jambal udah berganti jadi tempat makan Itali, La Cucina.