Monday, July 28, 2008

The Kiosk, Kios Kumplit Jajanan Bandung

Sabtu kemaren niatnya mau ke Wisata Selera Indofood di Gasibu. Sampe sana sepiiiii bangettt. Cuma ada tenda-tenda kosong dan beberapa mobil boks Indofood. Kirain acara udah selese. Belakangan aku dikasi tau kalau acara baru akan berlangsung hari Minggu. Kacau, kok bisa salah hari gini yak? Keknya di kepalaku dah ter-setting kalo acara-acara keramaian seperti itu selalu di hari Sabtu. Jeritan hati nih, karena cuma libur sehari setiap minggu :((((

Untuk ngobatin kekecewaan, aku ama temenku pergi ke The Kiosk di seberang Dago Plaza. Meski gak ada hiruk-pikuk khas acara luar ruangan, paling gak di sana juga tersedia jajanan ikon Bandung (dan luar Bandung juga sebenernya), lengkap di satu tempat. Jadi, nggak perlu jauh-jauh ke pusatnya deh.

Menu yang tersedia antara lain Iga Bakar Si Jangkung Cipaganti, Nasi Liwet Ikan Jambal, mi kocok, Pisang Goreng Si Manalagi, lontong kari (lupa merek apa), tahu gejrot, rujak dan lotek, aneka es campur, masakan Jawa Timur, Mi Jawa Karso, dll. Banyak deh pokoknya. Tempatnya juga asik. Kalau mau liat view keramaian Jalan Dago, bisa pilih tempat duduk di deket jendela di sisi barat. Di bagian agak dalem juga gak kalah seru kok. Sayang gak boleh motret di sini, jadi nggak bisa menunjukkan penampakan menu dan kiosnya deh. Hiks.

Aku nyobain tongseng kambing Si Jangkung. Harusnya sih mesen iga bakar yang jadi brand-nya ya. Tapi aku lagi males liat tulang :P Temenku mesen Nasi Liwet Ikan Jambal. Untuk minum, kami pesen es kelapa jeruk dan es campur.

Setelah nunggu agak lama, tongseng pun datang. Isinya tentu aja daging (kambing), ditemani kol sama tomat. Dagingnya empuk banget, gak ada alot-alotnya sama sekali. Es kelapa jeruknya oke, seger. Jeruknya kerasa dan kelapa mudanya beneran muda :)

Nasi liwetnya tampil cantik dalam ketel kecil. Uba rampe berupa tahu, tempe, lalapan, dan kerupuk disajikan tersendiri dalam wadah bambu. Nasinya dilengkapi taburan teri medan. Sempet nyicipin dikit, rasanya oke.

Yang menyenangkan, harganya kalo gak salah sama ama di tempat aslanya. Gak ada pajaknya lagi. Ato mungkin harga dah termasuk pajak ya? Tapi gak disebutin begitu tuh. Nah, kalo kita kedatangan temen ato keluarga yang pengen makan jajanan Bandung tapi gak sempet nyambangin tempat aslinya satu per satu, mending ke sini aja. Ada di pusat kota, cukup kumplit lagi. Wah kok jadi promosi yak. Ya wes ah, deee…

The Kiosk
Jalan Ir H Djuanda (Dago), Seberang Plaza Dago
Tongseng kambing plus nasi : Rp 15.000
Nasi liwet ikan jambal : Rp 15.000
Es campur : Rp 8.000
Es kelapa jeruk : Rp 8.000

2 comments:

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

ieraiera said...

wah...saya sempet makan disini, nyobain nasi liwet ikan jambal, enak, dan murah..saya sempet ragu apa bener harganya cuma 15 ribu untuk menu sekomplit itu (nasi liwet+tahu+tempe+ayam+kerupuk+lalapan), dan ternyata emang segitu harganya..hehehe