Wednesday, March 12, 2008

Serabi Solo Notosuman

Setelah berkali-kali menolak bawain serabi solo dengan alasan khawatir basi, akhirnya kemaren Mas Kidi kabulin juga permintaanku. Thanks ya, Mas. Ternyata serabi edisi uji coba itu sampe di Bandung dengan selamat. Dua kotak serabi pun dibabat abis temen-temen kantor dalam hitungan menit.

Aku pertama kali kenal serabi solo tahun 2001 dari temen KKN. Serabi yang dia bawa enggak bermerek (keknya beli di pinggir jalan :p). Yang kuinget, topping-nya macem-macem, antara lain nangka dan meises. Teksturnya lembut banget. Enggak perlu perjuangan buat ngunyah, ringan, bercita rasa gurih dan manis tapi enggak bikin enek. Beda ama surabi bandung yang teksturnya mirip martabak manis. Dengan ukuran lebih gede, makan satu surabi bandung aja udah kenyang banget mendekati enek.

Kata orang sih, merek serabi solo yang paling terkenal itu Notosuman. Notosuman sendiri, menurut Mas Kidi, dulunya kawasan pecinan. Banyak yang jualan serabi di situ. Mungkin kalo di Yogya kayak kawasan Pathok dengan bakpianya itu.

Entah apa yang membedakan serabi Notosuman satu dengan yang laen. Di Jalan Laksda Adisucipto, Yogya, juga ada toko serabi Notosuman. Konon pemiliknya adalah cucu dari pionir serabi Notosuman (katakanlah Mbah Notosuman…asal banget deh). Penampakannya bisa diliat di sini. Menurut Mas Kidi, serabi Notosuman yang pertama tuh dijual oleh seorang mbah yang udah sepuh (dan galak :p). Cirinya, kotak pembungkusnya putih tanpa tulisan dan si serabi juga polos tanpa topping. Kalau serabi edisi uji coba ini katanya dibuat oleh anak kedua Mbah Notosuman. Kemasannya modern. Dan, liat di salah satu sudut kemasan, tertulis pesan sponsor ”Kara, Santan Kelapa Murni”. Santannya aja instan, jangan-jangan adonannya juga instan, kayak adonan kue instan di supermarket itu. Hehehe. Well, mo serabi Notosuman yang mana aja, yang jelas rasanya yummy, soalnya gratis :D *sambil ngarep ada serabi edisi berikutnya*

Serabi Notosuman
Jalan Moh Yamin 24 Solo (telp: 0271-651852)
Jalan Moh Yamin 43 Solo
Jalan Bayangkara 63 B Pathok, Yogya
Ada juga di Semarang, BSD City, dan Sragen

No comments: